Kawah Ijen


lensasemutireng.com - Kawah Ijen. Siapa yang belum pernah dengar gunung berapi ini? tentu hampir semua orang dalam negri atau luar negri tau yang namanya KAWAH IJEN. Puncak Pegunungan di daerah Banyuwanngi dan Bondowoso Jawa timur ini memikat banyak para wisatawan dan para fotografer untuk mengabadikan keindahan alamnya.

Ini pertama kalinya datang ke kawah ijen, dalam urusan pekerjaan memotret prewedding di kawah ijen. jadi kurang maksimal untuk mendapatkan foto yang baik. Tapi setidaknya serpihan waktu itu cukup mengambil beberapa moment yang saya abadikan, bahkan sayapun sempat ngobrol dengan para pekerja.
Di kawah Ijen menjadi tempat di mana para masyarakat sekitar memanfaatkan tempat ini menjadi lahan pekerjaan mereka. Sebagian besar laki-laki tangguh di kawah ijen ini bekerja sebagai penambang Belerang dan Porter untuk wisatawan.


Ketika kita sampai di lokasi, anda akan di hampiri para porter menawarkan jasa mereka untuk membantu membawakan barang bawaan anda atau menemani anda sampai ke puncak kawah Ijen.
harga yang di tawarkan mayoritas 200.000 per orang. dan mereka siap membawakan bawaan anda bisa di katakan 20kg lebih mereka akan membawakannya dengan servis yang sangat ramah.
satu hal buat teman-teman jika ingin menggunakan jasa porter, Tolong jangan di TAWAR kalau anda mau menggunakan jasa mereka, mungkin uang 200.000 cukup murah bagi kita, karena dengan uang segitu anda akan menghemat energi untuk mencapai puncak kawah ijen.



Tapi bagi penambang Belerang uang 200.000 itu cukup banyak untuk pendapatan mereka sehari.
karena dalam sehari penambang untuk mendapatkan uang 200.000 ia harus naik turun ke kawah ijen 3x dan membawa belerang dalam sekali angkut mencapai 50kg hingga 75kg. dan per kilonya ia mendapatkan imbalan Rp.1.025. jadi dalam sekali angkut kurang lebih mereka mendapatkan 50.000 hingga 70.000. itupun tidak semua hasil tambang yang ia dapatkan mendapat imbalan Rp.1.025 per kilonya, di kloter ke dua dan selanjutnya ia mendapat 950 per kg nya.

masih ingin menawar jasa mereka??

Tapi tidak semua penambang harus naik turun 3x untuk menadapatkan upah 200.000, karena seiring berjalannya waktu. sebagian penambang sudah memiliki troli untuk mengangkut hasil tambang belerangnya. jadi mereka yang memiliki troli hanya 1 kali naik turun puncak kawah ijen, tapi tetap 3x naik turun dari puncak ke tempat penambangan. dalam sehari mereka sanggup mengumpulkan minimal 150Kg dalam sekali angkut menggunakan troli


eksplore keindahan indonesia dan pariwisata indonesi dan jaga kebersihan jangan buang sampah sembarangan ya

Salam sehat dan minum Kopi Iklas... Mantap!!!


Diberdayakan oleh Blogger.