Industri Keris di SOLO RAYA

lensasemutireng.com - Solo Raya terdapat berbagai macam kerajinan yang masih tradisional seperti  Industri Gong, kain jumput/ kain pantai, Batik, Tenun dan macam kuliner yang di proses secara tradisional.
Tapi kali ini saya akan membahas soal industri Keris. Di Solo Raya terdapat 2 pengrajin keris, mereka bekerja tidak setiap hari tapi mereka mengerjakan ketika ada pesanan. Salah satu dari industri keris di solo raya adalah Padepokan BROJOBUONO. di tempat ini ada juga museum kerisnya dan di bagian belakang museum terdapat tempat untuk membuat keris dengan alat tradisional.




Dalam proses pembuatan keris ada beberapa cara dan syarat pada pemesan sesuai pomor yang di inginkan. bahkan ada pula ritual-ritual kusus dengan cara kejawen yang harus dilakukan untuk membuat keris tersebut.


Dari beberapa macam logam yang di satukan dan dibakar agar mudah untuk di pukul dan di bentuk, setelah di bakar, kemudian dipukul-berulangkali. moment inilah yang menarik ketika beberapa macam logam yang menyatu mengeluarkan efek percikan seperti kembang api, tetapi moment ini hanya bisa terjadi 3 sampai 4 kali.



Diberdayakan oleh Blogger.