Festival Balon Kertas di Wonosobo



lensasemutireng.com - Mungkin sempat berfikir kalau ingin melihat sebuah festival balon harus di luar negri, bahkan di luar negri sudah menyediakanwisata balon terbang untuk menikmati keindahan sunrise. wow mungkin cukup unik juga ketika ada di indonesia.

Sempat saya berimajinasi bagaimana jika di daerah jogja, klaten, magelang menyediakan wisata Balon terbang yang di tempatkan di sekitar candi - candi, seperti di candi prambanan, candi sewu candi plaosan dan Candi borobudur. wah pasti indonesia ini jadi salah satu tempat paling lengkap dan favorit pariwisatanya.

Ternyata di daerah Desa Kembaran Kabupaten Wonosobo ini sudah memiliki wahana wisata tersebut, yaitu Festival balon kertas, konon festival ini dilaksanakan sejak dahulu, dulu para leluhur di desa kembaran kab. wonosobo mengakiri hari suci ramadhan dengan menerbangkan sebuah balon kertas. dan saat menerbangkan balon tersebut di saksikan oleh warga desa kembaran dan dilaksanakan secara gotongroyong dan bersama-sama.

Tapi kebudayaan itu semakin lama semakin sirna tapi kini mulai di kembangkan lagi menjadi sebuah acara festival tahunan di desa kebaran wonosobo. dan kemungkinan seiring berjalannya waktu festival ini akan menjadi salah satu destinasi wisata PESONA INDONESIA.

Tapi di tahun ini masyarakat Desa kembaran, sempat ketakutan untuk memulai menerbangkan balon raksasanya, karena mendapat ancaman dari pihak yang berwajib untuk tidak menerbangkan balonnya yang bisa mengganggu penerbangan peswat, dan bahkan warga desa kembaran dan sekitarnya mendapat ancaman Barang siapa yang nekat menerbangkan balonnya akan mendapat denda 500juta.  wah dendanya besar sekali ya. tapi bagi masyarakat setempat tetap menerbangkan sebagai bukti dan melestarikan tradisi mereka.



Diberdayakan oleh Blogger.