Candi Sewu

lensasemutireng.com - landscape candi  people culture

Sekilas sejarah Candi Sewu.
Berdasarkan sejarah Candi Sewu yang di bangun pada abad ke 8 dimasa pemerintahan Raja Rakai Panangkaran dari dinasti Sanjaya yang memerintah Kerajaan Mataram Kuno dari tahun 746 masehi hingga tahun 784 masehi. Namun kemungkin besar komplek candi sewu ini kembali di pugar dan di perbesar oleh pangeran keturunan dinasti sanjaya yaitu Rakai Pikatan

Rakai Pikatan dinasti Sanjaya beragama hidu yang kemudian menikahi seorang putri dari dinasti Syailendra yang beragama Buddha yang bernama Pramordhawardhani. Pernikahan besar ini akhirnya mampu mengawinkan dua kebudayaan besar dari dua dinasti besar yang berkuasa pada masa itu di jawa kususnya.

Dinasti syailendra yang beragama buddha mulai meraup kekuasaan pada masa itu. Sedangkan dinasti sanjaya yang beragama hindu pada masa itu sedang masa puncak kejayaannya. Namun ternyata pernikahan ini bisa menjadi pemersatu antara dua dinasti besar itu. dan rakyat kedua dinasti tersebut bisa hidup berdampingan dengan sangat rukun dan damai. hal ini terlihat dari lokasi pembangunan candi sewu yang merupakan candi buddha yang bersebelahan persis dengan candi prambanan. candi prambanan merupakan candi hindu persis 800 meter sebelahnya. ( kutipan artikel candi sewu )

yaps begitulah sekilas sejarah candi sewu. dan ini pertama kalinya saya mengunjungi candi sewu. sendirian sepi dan sunyi suasana candi di pagi hari. menikmati indahnya candi yang dibangun oleh para leluhur. terdiam dan menghayal sejenak sambil melihat megahnya candi sewu. dan kemudian saya pun berfikir, "seandainya ada biksu lewat pasti akan lebih terisi foto saya"
tidak lama kemudian setelah saya menghayal.. dan sambil packing camera ke dalam ransel. biksupun lewat, dengan spontan saya mengambil camera saya lagi dan segera mengabadikan moment itu. syukur alhamdulilah saya dapatkan foto yang saya inginkan..

berikut foto yang saya tampilkan dari hunting foto di candi sewu.



Diberdayakan oleh Blogger.