Candi Sari

lensasemutireng.com - Candi Sari terletak di di Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta kurang lebih sekitar 10 Km dari pusat Yogyakarta. Awal penemuannya candi ini di temukan dalam keadaan rusak sehingga pada tahun 1929,akhirnya di lakukan pemugaran pada tahun 1930. Candi Sari memiliki bentuk persegi empat dengan ukuran 17,30 x 10 x 17 meter menghadap ke arah timur, dengan tangga masuk ke bilik di sisi timur. Di setiap sisi tubuh candi terdapat jendela

Di dalam Candi Sari terdapat tiga ruangan yang berjajar,masing masing ruangan di hubungkan dengan pintu masuk. Candi Sari ini diperkirakan bertingkat dan lantai bilik atas kemungkinan terbuat dari kayu. Hal tersebut diketahui dari adanya lubang-lubang yang diperkirakan dipakai untuk menempatkan ujung balok kayu.

Di bagian dinding utara dan selatan bilik bawah, terdapat sebuah relung yang dihiasi dengan kalamakara.sedangkan pada sisi luar tubuh candi,terdapat pahatan arca-arca dewa Boddhisatva dan Tara. Arca arca ini digambarkan dengan sikap lemah gemulai (sikap Tribangga) dan memegang teratai merah dan biru. Dan bagian luarnya dilengkapi dengan bajralepa.

Jika dilihat arca dan relief dewa yang terpahat dapat diketahui bahwa latar belakang keagamaan Candi Sari adalah Buddha. Dan adanya pembagian ruang mengindikasikan bahwa Candi Sari digunakan sebagai wihara (asrama pendeta). Namun untuk pendirian candi ini sendiri belum di ketahui sampai sekarang,tetapi berdasarkan keterangan tentang keberadaan wihara dalam Prasasti Kalasa dapat diperkirakan bahwa candi ini satu zaman dengan Candi Kalasan, yaitu dari abad 8 Masehi. (lokasiwisata.info)

Yah demikian letak dan sejarah Candi Sari. Foto yang posting kali ini mungkin tidak lengkap, tapi jangan kawatir, tunggu postingan lensasemutireng.com selanjutnya.


Diberdayakan oleh Blogger.