Candi Banyunibo

lensasemutireng.com - Candi Banyu nibo ini dikelilingi bukit di arah utara, timur dan selatan. Berdiri di antara rimbunnya pohon tebu membuat suasana sunyi, sejuk dan terkesan damai.

Candi Banyunibo adalah salah satu candi Buddha peninggalan abad ke-9 yang berada dalam satu kompleks dengan Candi Ijo dan Ratu Boko. Dari namanya, candi ini bisa diartikan sebagai “air menetes”.

Candi yang berdiri di antara candi-candi Hindu ini mempunyai susunan yang terdiri satu satu candi induk dan dikelilingi oleh enam candi perwara dalam bentuk stupa. Beberapa perwara yang berada di sisi timur dan selatan candi utama tidak lagi berdiri dalam bentuk utuhnya

Untuk menuju lokasi Candi Banyunibo dari sebelah selatan Candi Prambanan dengan mengikuti penunjuk arah ke Keraton Ratu Boko, di Jalan Prambanan-Piyungan. Dari pertigaan ini, belok ke timur sama seperti rute akan mengunjungi desa wisata budaya Plempoh, hingga sampai di perempatan yang memiliki petunjuk arah, belok kiri menuju Keraton Ratu Boko, belok kanan menuju Candi Ijo, dan lurus menuju Candi Banyunibo. Tinggal belok ke kanan sedikit, sudah sampai ke Candi Banyunibo.




Diberdayakan oleh Blogger.