Pembuatan Mie Lethek

Keunikan Mie Lethek dalam proses pembuatannya. Pabrik Mie lethek terletak di dusun Bendo, Desa Trimukti, Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Mie Letek berdiri sejak tahun 1940, Pabrik ini sempat berhenti  produksi pada tahun 1983 sampai tahun petengahan 2003. Dikarenakan masalah perekonomian.

Ya begitulah singkat cerita tentang mie lethek, dan sekarang mari lihat dan dengarkan perjalanan saya ke mie lethek. Mie yang proses pembuatannya berbeda dengan pembuatan mie - mie di tempat lain. Proses pembuatan Mie Lethek sangat unik dan masih tradisional. dimulai dari pembuatan bahan Mentah dengan bentuk kubus.

Yang kemudian di oven sehingga menjadi bahan setengah matang 


Setelah di proses Oven sudah selesai, Bahan Mie lethek akan di giling dengan tenaga sapi, nah ininih... proses yang sangat unik dan masih tradisional sekali. dan proses penggilingan inilah yang saya tunggu





Sangat unik kan, dan masih sangat tradisional sekali. tapi disamping itu, tenaga manusiapun juga masih di pergunakan untuk menyempurnakan proses penggilingan




Setelah proses penggilingan, akan dilanjutkan dengan proses pembentukan mie, tapi sayang sekali saya tidak bisa mengabadikan momen ini. 
Setelah pembentukan mie selesai, mie akan di jemur selama 8 jam.






Diberdayakan oleh Blogger.