Milky Way di Waduk Cengklik

Hay...
Musim panas adalah waktu yang tepat untuk hunting foto, entah itu pagi, siang bakan malam hari. Di posting lensa semutireng kali ini saya DHIKY ADITYA akan membahas tentang foto Milky Way, Saat memotret di malam hari di alam terbuka, tentu kita akan mendapat 2 pilihan foto, yaitu Strar Trail dan Milky way. Untuk memotret Milky Way tentu tidaklah mudah, karena kita harus tau arah letak Milky Way itu muncul. kemudian waktu dan tempat untuk memotret. tidak hanya itu saja kita harus berbagi waktu dengan alam, karena alam dan cuaca terkadang tidak bisa terprediksi.

Tapi jangan kawatir tentang masalah waktu, arah dan tempat pemotretannya, Karena di jaman ini sudah adanya komputer tablet atau android, itu turut membantu dalam pencarian arah dan waktu dalam memotret Milky Way, yaitu dengan program android STAR WALK. Untuk permasalahan tempat itu terserah kalian dimana kalian akan memotret, dan untuk maslah cuaca Berdoa saja ya kawan.... semoga cuaca mendukung.. hehehhehee

Untuk kali ini saya memotret Milky Way di salah satu tempat favorit saya yaitu Waduk Cengklik yang kebetulan lumayan dekat dengan tempat saya tinggal, dan bias cahaya kota dan polusi udara cukup berkurang. jadi masih bisa untuk melihat bintang yang bertebaran.

Tips dalam memotret Milky Way mungkin banyak berbagai fersi yang sudah kalian baca. tapi kali ini saya akan menjabarkan tips dan trik yang saya kerjakan:

1. Gunakan Lensa wide atau lensa fish eye, Karena dengan menggunakan lensa tersebut, kita akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat merekan objek kedalam frame lebih luas.

2. Gunakan Diafragma ( f ) selebar-lebarnya atau angka diafragma sekeil - kecilnya. Misal Tokina 11-16mm F2,8.

3. Gunakan ISO minimal 800 dan shutter  speed 20 detik, Karena jika shutter speed lebih dari 30 detik tentu bintang tersebut akan bergerak dan tentu kita tidak mendapatkan Milky Way.

4. Jangan lupa membawa Tripot dan usahakan format file kita dalam mode File RAW, karena dengan menggunakan RAW tentu kita akan bisa mengatur kembali gelap terang hasil foto kita.

Nih hasil motret Milky Way di Waduk Cengklik


Time : 22.25 WIB - ISO 1250 - Exposure time 20 detik - F 2,8 - Focal lingth 11 mm.

Oke terimakasih atas kunjungannya, dan tunggu postingan Milky Way berikutnya by DHIKY ADITYA.



Diberdayakan oleh Blogger.